>>>>

Selamat Datang di Website UPT Balai Pelatihan Penyuluh Pertanian. Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Riau === Visi : “Terwujudnya Sumber Daya Manusia Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan yang Andal dan Profesional”

Tentang Kami

PM Admin | Kamis, 08 Maret 2012 - 20:08:00 WIB | dibaca: 3428 pembaca

Sumber Daya Manusia menjadi faktor pembatas dan merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam pembangunan pertanian, karena disamping sebagai pelaku pembangunan, dan juga merupakan target pembangunan itu sendiri yaitu peningkatan kecerdasan dan kesejahteraannya. Pembangunan SDM diarahkan agar benar-benar mampu dan memiliki etos kerja yang produktif, terampil, kreatif, disiplin dan profesional.

Dalam rangka meningkatkan kualitas SDM tersebut, salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui Pendidikan dan Pelatihan (Diklat). Sejalan dengan hal tersebut dan mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 101 Tahun 2000 tentang Diklat Jabatan Pegawai Negeri Sipil, bahwa pelaksanaan diklat aparatur merupakan bagian integral dari pendayagunaan aparatur negara. Oleh karena itu Diklat harus menjadi alat untuk tercapainya dayaguna dan hasilguna pelaksanaan tugas-tugas umum pemerintahan dan pembangunan.

Agar tujuan dan sasaran diklat tersebut dapat tercapai secara efektif dan efisien, maka penyelenggara diklat harus berada dalam kerangka sistim yaitu dimulai dari Analisis Kebutuhan Diklat. Penentuan Tujuan Diklat, Perencanaan Program Diklat, Pelaksanaan Program Diklat dan Evaluasi Diklat.

Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pelatihan Tanaman Pangan dan Hortikultura merupakan salah satu institusi Diklat yang mengemban tugas dan memiliki kompetensi dalam penyelenggaraan Diklat dimaksud, untuk itu UPT Pelatihan TPH berusaha agar pelaksanaan Diklat di lingkungan Pertanian umumnya di Riau dapat memenuhi standar Diklat dan dapat mencapai hasil sesuai tujuan yang telah ditetapkan.

 

Tugas Pokok UPT Pelatihan  Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Riau

        UPT Pelatihan Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Riau mempunyai tugas melaksanakan sebahagian tugas dinas  di bidang Operasional Pelatihan Tanaman Pangan dan Hortikultura, Ketata usahaan serta Pelayanan Masyarakat.

 

Fungsi UPT Pelatihan  Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Riau

1). Menyelenggarakan urusan ketatausahaan;                

2) Perumusan kebijakan sistem dan metoda pengembangan sumberdaya manusia (SDM) pertanian (aparatur dan non aparatur);

3) Penyusunan pedoman/petunjuk pelaksanaan dibidang pengembangan  SDM Pertanian (aparatur dan non aparatur);

4). Pelaksanaan pengembangan SDM pertanian,

5). Penyediaan sarana dan sarana SDM;

6) Pelaksanaan koordiansi baik pemerintah maupun non pemerintah;

7) Penyediaan dukungan, bantuan kerjasama dibidang diklat;

8). Pemantauan evaluasi dan pelaporan dibidang diklat; dan

9) Pengelolaan siistim informasi manajemen (SIM) pengembangan SDM pertanian (aparatur dan non aparatur)