>>>>

Selamat Datang di Website UPT Balai Pelatihan Penyuluh Pertanian. Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Riau === Visi : “Terwujudnya Sumber Daya Manusia Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan yang Andal dan Profesional”

Sejarah

PM Admin | Jumat, 19 Desember 2014 - 19:57:00 WIB | dibaca: 3750 pembaca

       Institusi ini  awalnya bernama Balai Latihan Pegawai Pertanin (BLPP) Padang Marpoyan. Balai dibangun pertama kali dengan dana bantuan IBRD sebagai ITC (Inservice Training Centre) atau BLPP (Balai Latihan Pegawai Pertanian) Pada Tahun 1982, dan resmi beroperasi pada Tahun 1983. BLPP merupakan organisasi vertikal dari Departemen Pertanian RI melalui Badan Pendidikan, Pelatihan dan Penyuluhan Pertanian  (BPLPP) Jakarta.  Pada masa itu Balai berfungsi melaksanakan Pelatihan tidak hanya kepada petani, petugas, tetapi juga terhadap pejabat yang akan menduduki jabatan eselon 4 dan 3. Pembenahan Sarana dan Prasarana beserta SDM terutama Widyaiswara dilakukan secara giat, bahkan Widyaiswara dijadikan Primadona dalam pengembangan Balai. Arah Balai di tujukan sebagai CoE (Centre of Excelent) di Riau.

  Sejalan dengan adanya otonomi daerah, pada tahun 2001 Balai di serahkan kepada Pemerintah Propinsi Riau dan sampai saat ini sudah beberapa kali mengalami perubahan antara lain berubah nama menjadi Balai Diklat Pertanian Provinsi Riau (2001 s.d 2005), Balai Pelatihan Tanaman Pangan Provinsi Riau (2205-2008), UPT Pelatihan Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Riau (2008-2014) dan sejak bulan Agustus tahun 2014 sampai saat ini menjadi UPT Pelatihan Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Provinsi Riau. Hal ini sesuai dengan Perda No 1 Tahun 2014 tentang Susunan Organisasi dan  Tata Kerja Dinas Daerah Pemerintah Provinsi Riau dan Peratuan Gubernur Riau tahun 2014 tentang Uraian Tugas Unit Pelaksana Teknis Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Riau, dimana UPT Pelatihan adalah Unit Pelaksana Teknis pada Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Riau yang dikepalai oleh Pejabat Eselon III dan membawahi tiga Eselon IV beserta Kelompok Jabatan Fungsional (Widyaiswara) yang dalam operasional sehari hari seluruh tugas yang ada dibagi sesuai dengan kebutuhan kegiatan dan tenaga yang ada.

Institusi ini merupakan satu-satunya organisasi yang memiliki mandat pengembangan SDM Petugas dan Petani Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan di Provinsi Riau.