>>>>

Selamat Datang di Website UPT Balai Pelatihan Penyuluh Pertanian. Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Riau === Visi : “Terwujudnya Sumber Daya Manusia Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan yang Andal dan Profesional”

Informasi

Seminar Hasil Penelitian Widyaiswara UPT Pelatihan (Ir. Adry Nelson)

Seminar Hasil Penelitian Widyaiswara UPT Pelatihan (Ir. Adry Nelson)

PM Admin | Jumat, 12 Januari 2018 - 09:39:57 WIB | dibaca: 126 pembaca

Adry Nelson

12 Januari 2018, bertempat di UPT Pelatihan Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Riau, Ir. Adry Nelson menyampaikan hasil penelitian sebagai lanjutan dari kegiatan mengikuti Diklat berjenjang Widyaiswara Tingkat Madya. Judul Penelitian adalah “Kaji Terap Efektivitas Teknis Seleksi Benih Padi Terhadap Daya Kecambah Benih, yang dilaksanakan di UPT Pengawasan dan Sertifikasi Benih Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Riau.

Seminar ini di buka oleh Kepala UPT Pelatihan TPHP Riau, Ir. Edriaty Bachtiar, M.Si dan dihadiri oleh Semua Widyaiswara dan Staf UPT Pelatihan, Pejabat Pengawas Benih UPT BPSB Riau dan peserta PKL dari SMK 2 Tambusai.

Dari hasil penelitian yang di paparkan peneliti menyimpulkan bahwa :

1.       Teknik seleksi benih padi melalui perendaman dengan larutan air garam lebih efektif dibandingkan teknik perendaman dengan air.

2.       Nilai rata-rata daya kecambah benih pada perendaman dengan larutan air garam sebesar 81,70 %, nilai ini lebih tinggi dan berbeda nyata dibandingkan pada perendaman dengan air yang sebesar 77,30 %

3.       Nilai rata-rata kecepatan tumbuh benih pada perendaman dengan larutan garam lebih tinggi dan berbeda nyata dibandingkan nilai rata-rata kecepatan tumbuh benih pada perlakuan perendaman dengan air. Nilai rata-rata kecepatan tumbuh benih masing-masing kedua perlakuan adalah 42,84 %/etmal dan 41,03/etmal










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)