>>>>

Selamat Datang di Website UPT Pelatihan Penyuluh Pertanian. Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Riau === Visi : “Terwujudnya Sumber Daya Manusia Pertanian yang Andal dan Profesional”

Informasi

Penumbuhan P4S di Kabupaten Siak

Penumbuhan P4S di Kabupaten Siak

PM Admin | Sabtu, 21 September 2019 - 19:57:05 WIB | dibaca: 197 pembaca

Di Kantor Dinas Peternakan dan Perikanan Siak

Jum’at, 20 September 2019, Staf Balai Pelatihan Pertanian (BPP) Jambi di dampingi Widyaiswara UPT Balai Pelatihan Penyuluh Pertanian (BPPP) Riau melakukan kunjungan ke Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Siak dalam rangka verifikasi penumbuhan P4S (Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya) Kelompok Tani Karya Bersama Sialang Palas, Kecamatan Lubuk Dalam, Kabupaten Siak.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Siak (Ibu Susi) Ke BPP Jambi setahun yang lalu dalam rangka mengusulkan penumbuhan P4S di Kabupaten Siak.

Di Provinsi Riau belum seluruh Kabupaten terdapat P4S, sampai saat ini P4S yang tercatat aktiv di Riau sebanyak 4 P4S di Kabupaten Kampar. Penumbuhan P4S di Kabupaten Siak ini diharapkan dapat memacu peningkatan Kompetensi Petani di Kabupaten Siak dan selain itu dapat pula merangsang tumbuhnya P4S lainnya baik di Kabupaten Siak maupun di Kabupaten / Kota lainnya di Provinsi Riau.

Dipilihnya Kelompok Tani Karya Bersama Sialang Palas adalah karena kelompok tani ini merupakan salah satu Kelompok Tani Sukses d alam berusaha tani terutama Ternak Sapi yang diintegrasikan dengan Perkebunan Kelapa Sawit.

Kelompok Tani Karya Bersama ini menerapkan pemupukan organik dari Kotoran sapi padat maupun urine sebagai pengganti pupuk an organik/pupuk kimia. Penggunaan Pupuk Organik Pupuk Kandang dan Urine sapi ini dapat mengurangi penggunaan pupuk an organik/pupuk kimia 60 % bahkan ada Anggota Kelompok Tani yang 100 % menggunakan Pupuk organik dari Sapi baik kotoran maupun urinenya.

Kelompok Tani ini juga sudah melaksanakan Pelatihan untuk petani lainnya, pelaksanaan pelatihan dilaksanakan di Aula Kampung Sialang Palas. Hal ini menunjukkan bahwa Kelompok Tani ini layak untuk dijadikan P4S di Kabupaten Siak.

Setelah kunjungan ke Kantor Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Siak kunjungan dilanjutkan ke Kelompok Tani Karya Bersama di Kampung Sialang Palas. Kunjungan lapangan didampingi oleh Petugas Kesehatan Hewan Drh. Kuncoro, Petugas IB dan Para Medis Peternakan di Kecamatan Lubuk Dalam










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)