>>>>

Selamat Datang di Website UPT Balai Pelatihan Penyuluh Pertanian. Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Riau === Visi : “Terwujudnya Sumber Daya Manusia Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan yang Andal dan Profesional”

Informasi

Pelaksanaan Kegiatan Pembekalan dan Penguatan Pemberdayaan Masyarakat Pertanian Tanaman Pangan Horti

Pembekalan dan Penguatan Pemberdayaan Masyarakat Pertanian

PM Admin | Jumat, 14 September 2018 - 10:08:05 WIB | dibaca: 80 pembaca

PMP Rohul

Pada Bulan ini UPT Balai Pelatihan Penyuluh Pertanian (BPPP) melaksanakan kegiatan Pembekalan dan Penguatan bagi Pengurus dan Anggota Kelompok yang tergabung dalam kegiatan Pemberdayaan Masyarakat Pertanian (PMP TPHP). Kegiatan ini dilaksanakan di beberapa Kabupaten bagi Kelompok yang relatif baru di kegiatan PMP TPHP.

Untuk Kabupaten Rokan Hulu di hadiri oleh Nazaruddin Margolang (Widyaiswara) dan Masrizal (Staf Seksi Penyuluhan). 

Secara ringkas materi yang diberikan adalah sebagai berikut :

  1. Berkaitan dengan Pengusaha yaitu tentang Kemampuan Petani sebagai Pengusaha yang tugasnya bukan hanya sebagai juru tani tapi juga sebagai Manajer, Akunting, Penjual dan Pembeli  dan sebagai Anggota Masyarakat.
  2. Berkaitan dengan Produk, disarankan untuk mengembangkan Produk pada lahan yang masih memungkinkan untuk dikembangkan, yaitu lahan Pekarangan dan dipersivikasi produk lainnya. Produk yang dikembangkan tentunya produk yang memiliki nilai jual yang tinggi, atau setidaknya dapat diterima oleh pasar.
  3. Berkaitan dengan pengelolaan usaha, dalam pengelolaan yang paling utama harus dilakukan adalah berkaitan dengan pencatatan usaha. Tanpa pencatatan yang baik maka sulit melakukan analisa dan perbaikan usaha untuk efisiensi.

 










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)