>>>>

Selamat Datang di Website UPT Balai Pelatihan Penyuluh Pertanian. Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Riau === Visi : ‚ÄúTerwujudnya Sumber Daya Manusia Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan yang Andal dan Profesional‚ÄĚ

Informasi

Kelompok Tani Limau Makmur dan Barokah Ikuti Pelatihan Penumbuhan Kebersamaan

PM Admin | Jumat, 06 April 2018 - 06:26:55 WIB | dibaca: 29 pembaca

Agenda Pelatihan di Bulan April ini Balai Pelatihan Penyuluh Pertanian (BPPP Riau) mengadakan Pelatihan diantaranya Pelatihan Penumbuhan Kebersamaan. Pelatihan ini merupakan Paket Pelatihan Dinamika Kelompok yang dilaksanakan selama 3 hari yang difasilitasi oleh Fasda 1 (Fasilitator Daerah).

Pelatihan ini dilaksanakan langsung dilokasi Peserta yakni di Desa Marga Mulya, Kecamatan  Rambah Samo, Kabupaten Rokan Hulu. Indriati Lasoma selaku Pelaksana Pelatihan melaporkan bahwa pelatihan ini diikuti oleh 2 Kelompok tani yang masing-masingnya berjumlah 25 orang yang dalam pelaksanaannya  1 kelompok tani di kelompokkan dalam 1 kelas.

Kepala Desa Marga Mulya dalam sambutannya menyampaikan bahwa Desa Marga Mulya ini adalah desa Eks Transmigrasi Tahun 1981 dan definitip sebagai Desa pada Tahun 1984. Desa ini memiliki 4 Dusun, 8 RW dan 24 RT dengan dominasi Komoditas usahanya adalah Perkebunan Karet dan Kelapa Sawit. Ada 14 Kelompok Tani di Desa ini yang seluruhnya tergabung dalam GAPOKTAN Bakti Mulya. Selain Pelatihan yang diikuti sekarang ini Kelompoktani di Desa Marga Mulya ini juga akan mendapat Pelatihan Teknik Budidaya dari dana CSR untuk 3 Kelompok Tani.

Camat Rambah samo yang diwakili oleh Kepala Seksi Pemerintahan mengemukakan bahwa Kelompok Tani di Rambah Samo ini merupakan Kelompok Tani-Kelompok Tani yang cukup baik bahkan salah satunya pernah menjadi Kelompok Tani Terbaik 3 Nasional.

Sementara itu Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Rokan Hulu yang diwakili oleh Kepala Seksi Penyuluhan Ibu Elfiana Roza mengemukakan bahwa di Rokan Hulu terdapat 1.716 Kelompok Tani yang pada Tahun ini hanya mendapatkan 5 Pelatihan untuk 5 Kelompok Tani, oleh sebab itu Elfiana Roza sangat mengharapkan agar peserta mengikuti pelatihan ini dengan serius.

Selanjutnya disampaikan pula bahwa pada Tahun ini akan ada bantuan Replanting bagi petani sebesar RP. 25.000.000,-/Ha. Yang salah satu persyaratannya adalah memiliki STDB yaitu Surat Tanda Daftar Budidaya Perkebunan. Untuk itu kepada petani diharapkan agar aktif mencari informasi ke Dinas Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Rokan Hulu.  Disamping bantuan Replanting pemerintah juga ada memberikan bantuan asuransi ternak.

Ir. Yazrifitrah, Kepala BPPP Riau dalam arahannya menyampaikan bahwa pelatihan yang dilaksanakan adalah dalam rangka melaksanakan pembinaan kepada kelompok tani yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan SDM, Kelembagaan, Budidaya, Ekonomi dan Kemitraan yang merupakan salah satu model Pemberdayaan yang dikembangkan yaitu Sistem Kebersamaan Ekonomi (SKE MK). Saat ini untuk komoditas Perkebunan terutama kelapa Sawit Riau merupakan Provinsi yang memiliki Luas Kebun Kelapa Sawit terluas di Indonesia yaitu 2,4 Juta Ha, dari total Kelapa Sawit yang ada di Indonesia yaitu 11,6 juta Ha.

Pelatihan ini difasilitasi oleh 3 orang Fasilitator Daerah Frans Susilo, Helmizar dan Kunah serta didampingi oleh 2  Widyaiswara Nazaruddin Margolang dan Amrizal.










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)