>>>>

Selamat Datang di Website UPT Pelatihan Penyuluh Pertanian. Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Riau === Visi : “Terwujudnya Sumber Daya Manusia Pertanian yang Andal dan Profesional”

Informasi

Kajian Bada Zuhur Hari ke 3 di UPT BP3 Oleh Ir. Adry Nelson

Kajian Bada Zuhur Hari ke 3 di UPT BP3

PM Admin | Kamis, 09 Mei 2019 - 12:24:12 WIB | dibaca: 126 pembaca

Pada hari Rabu, 8 Mei 2019 atau bertepatan dengan 3 Ramadhan 1440 di masjid Istiqomah komplek UPT BP3 kembali digelar kegiatan ceramah Ramadhan dengan tema "Infak dan Sedekah". Ceramah ini dihadiri oleh para ASN dari UPT BP3 dan BPTP Riau.
Penceramah pada siang ini kembali diisi oleh Ustadz DR. Sanusi, SH, MH., dalam ceramahnya beliau menyampaikan hal-hal sebagai berikut:
1. Beberapa istilah dalam Islam yang berkaitan dengan pengeluaran harta, diantaranya: zakat, infak, dan sodakoh/sedekah.
2. Zakat merupakan bagian dari upaya kita untuk membersihkan harta dari yang bukan menjadi hak kita (kotoran). Zakat tidak boleh diberikan kepada keluarga sendiri, seperti ibu/bapak/adik/kakak/isteri/suami/anak. Allah SWT berfirman:
"Sesungguhnya zakat itu hanyalah untuk orang-orang fakir, orang miskin, amil zakat, yang dilunakkan hatinya (mualaf), untuk (memerdekakan) hamba sahaya, untuk (membebaskan) orang yang berutang, untuk jalan Allah, dan untuk orang yang sedang dalam perjalanan, sebagai kewajiban dari Allah. Allah Maha Mengetahui, Maha Bijaksana."
(QS. At-Taubah 9: Ayat 60)
3. Infak/Nafaqo mengeluarkan harta utk sesuatu kepentingan yg baik, yang diperintahkan Allah SWT. Jumlah infak tidak ada patokan;
4. Sodakoh/sedekah mengeluarkan harta sbg bukti kejujuran kita kpd Allah SWT atau bukti kita beriman kpd Allah SWT;
5. Sedekah dapat bermakna sunat dan bermakna wajib. Diwajibkan kepada orang-orang beriman untuk mengeluarkan sebagian hartanya apabila dia sudah berkecukupan.
6. Ada 4 orang yang duluan masuk surga, yaitu 1) orang yang bersedekah, 2) orang alim, 3) orang yang melaksanakan ibadah haji, dan 4) orang yang mati sahid;
7. Tidak ada kamusnya orang yang bersedekah mengalami jatuh miskin, malah hartanya akan terus bertambah. Tapi banyak orang yang kikir bersedekah kita dapatkan mengalami kebangkrutan atau jatuh miskin;
8. Orang yang menafkahkan hartanya ibarat petani menanam 1 biji menghasilkan 7 tangkai, dan dari 7 tangkai itu memberikan hasil 100 butir. Artinya bersedekah itu akan diberi pahala oleh Allah SWT sampai 700 kali lipat. Allah SWT berfirman:
مَثَلُ الَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ اَمْوَا لَهُمْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ اَنْۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَا بِلَ فِيْ كُلِّ سُنْۢبُلَةٍ مِّائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَا للّٰهُ يُضٰعِفُ لِمَنْ يَّشَآءُ  ۗ وَا للّٰهُ وَاسِعٌ عَلِيْمٌ
"Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha Luas, Maha Mengetahui."
(QS. Al-Baqarah 2: Ayat 261)

Pada akhir ceramahnya Ustadz DR. Sanusi, SH, MH., menyimpulkan bahwa Allah SWT akan melipatgandakan pahala terhadap sedekah yang telah kita keluarkan, oleh karena itu perbanyak lah sedekah atau infak, sebagai tanda bukti kita beriman kepada Allah SWT.


Video Terkait:










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)