>>>>

Selamat Datang di Website UPT Pelatihan Penyuluh Pertanian. Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Riau === Visi : “Terwujudnya Sumber Daya Manusia Pertanian yang Andal dan Profesional”

Dunia Islam

ANTARA PUASA DAN SHOLAT, Ir. Adry Nelson

ANTARA PUASA DAN SHOLAT

PM Admin | Kamis, 16 Mei 2019 - 08:42:47 WIB | dibaca: 172 pembaca

Masjid Istiqomah. UPT BPPP Riau. Ir. Adry Nelson.

Innalhamdalillah, Nahmaduhuu, wanasta'iinuhu wanastaghfiruhu. Wa na'uudzubillahi min syuruuri anfusinaa. Wa min sayyi-aati a'maalinaa. Man yahdihillahu falaa mudhillalahu. Wa man yudhlil falaa haadiyalahu.
Asyhadu anlaa ilaaha ilallahu, wahdahu laasyariikallahu. Wa asyhadu anna Muhammadan 'abduhuu wa rasuuluhuu. Laa nabiyya ba'dahu.
Allahumma shalli wa salim wa barik 'aala sayyidina Muhammad wa 'aala aalihi wa ashhabihi rasulillahi ajma'iin. Amma ba'du.
1. Dalam kehidupan yang kita jalani sehari-hari, tidak sedikit kita saksikan di tengah-tengah kaum muslimin, ketika menjalani puasa, masih ada saja yang meninggalkan shalat. Bagi mereka yang berpuasa namun tidak shalat, mereka sangka bahwa shalat dan puasa merupakan ibadah tersendiri. Jika salah satu ditinggalkan, maka dikira tidak berpengaruh pada yang lainnya.
2. Sejatinya bahwa shalat yang ditinggalkan dapat mempengaruhi ibadah puasa. Bahkan puasa tersebut bisa rusak jika seseorang meremehkan perkara shalat.
Syaikh Muhammad bin Sholih Al'Utsaimin mengatakan:"bahwa puasa yang dilakukan oleh orang yang meninggalkan shalat tidaklah diterima karena orang yang meninggalkan shalat adalah kafir dan murtad". Hal ini berdasarkan firman Allah SWT dalam surat At Taubah ayat 11 yang berbunyi;
فَاِ نْ تَا بُوْا وَاَ قَا مُوا الصَّلٰوةَ وَاٰ تَوُا الزَّكٰوةَ فَاِخْوَا نُكُمْ فِى الدِّيْنِ ۗ وَنُفَصِّلُ الْاٰيٰتِ لِقَوْمٍ يَّعْلَمُوْنَ
"Dan jika mereka bertobat, melaksanakan sholat, dan menunaikan zakat, maka (berarti mereka itu) adalah saudara-saudaramu seagama. Kami menjelaskan ayat-ayat itu bagi orang-orang yang mengetahui."
(QS. At-Taubah 9: Ayat 11).
Alasan lain adalah sabda Nabi Muhammad SAW:"Innaa Baynarrajuli wabaynassyirki wal kufri tarkushsholati" yang artinya pembatas antara seorang muslim dengan kesyirikan dan kekafiran adalah meninggalkan shalat.(HR Muslim)
2. Hubungan puasa dan sholat ibarat dua sisi mata uang, tidak bisa dipisah-pisahkan satu dengan yang lainnya. Apabila salah satu sisi tidak ada, maka kita tidak dapat menyebutnya sebagai uang, dan tidak dapat digunakan sebagai alat pembayaran yang sah.
3. Begitu pula halnya hubungan antara puasa dan shalat. Kedua-duanya sama-sama diwajibkan dalam nash Al-Qur'an dan As-Sunah. Keduanya merupakan bagian dari Rukun Islam dan menjadi pilar tegaknya syiar Islam. Keeratan Rukun Islam disimbolkan dengan 5 jari tangan yang saling mendukung.
4. Dalam pelaksanaannya, keduanya mengajarkan kesabaran, menegakkan disiplin dan pembentukan karakter yang mulia yaitu menjadi manusia yang bertaqwa. Perintah puasa ini sebagaimana firman Allah SWT dalam QS Al Baqarah: 183,
Allah SWT berfirman:
يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْکُمُ الصِّيَا مُ کَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِکُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَ ۙ 
"Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,";
5. Sholat itu merupakan tiang agama. Asholatu imadudien, fa man aqomahu faqad aqomaddien, wa man hada maha faqad hada maddien (sholat itu ialah tiang agama, maka barang siapa mendirikan sholat maka sesungguhnya ia telah menegakkan agama, dan barang siapa meninggalkannya sungguh mereka telah meruntuhkan agama).HR.Bukhari.
6. Allah SWT berfirman:

   ۗ اِنَّ الصَّلٰوةَ تَنْهٰى عَنِ الْفَحْشَآءِ وَا لْمُنْكَرِ ۗ 
Sesungguhnya sholat itu mencegah dari (perbuatan) keji dan mungkar.
(QS. Al-'Ankabut: 45)
7. Orang kafir tidak diterima amalnya. Allah SWT berfirman :
وَقَدِمْنَاۤ اِلٰى مَا عَمِلُوْا مِنْ عَمَلٍ فَجَعَلْنٰهُ هَبَآءً مَّنْثُوْرًا
dan Kami perlihatkan segala amal yang mereka kerjakan, lalu Kami jadikan amal itu bagaikan debu berterbangan (QS Al Furqan: 23). Oleh karena itu, apabila seseorang berpuasa namun dia meninggalkan shalat, puasa yang dia lakukan tidaklah sah (tidak diterima). Amalan puasa yang dia lakukan tidaklah bermanfaat pada hari kiamat nanti.
8. Orang-orang yang meninggalkan sholat dianggap:
a. Pendusta agama dan orang yang celaka (Al Ma'un:4-5)
b. Dia telah melakukan        kesombongan yg paling besar
c. Dia seolah-olah tidakk mengakui Allah SWT
d. Orang yang terputus hubungannya dengan Allah SWT.
9. Untuk bahan renungan kita semua:
     a. Sudah berapa lama anda     
          melakukan puasa dan shalat?
     b. Apakah nilai-nilai puasa dan 
         shalat tersebut sudah 
         diaplikasikan dalam kehidupan 
         sehari-hari?
     c. Masihkah anda melakukan hal-
         hal yang dilarang oleh agama?
     d. Sudah berkurang atau semakin
         menjadi-jadi?
     e. Apakah kita sudah disiplin,
         sabar, mampu menahan nafsu,
         berdusta, dan berbuat fiktif?


Video Terkait:










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)